5 Perhiasan Termahal Kerajaan Inggris, Kalung Kate Middleton Tembus Rp1,2 Triliun

Jum'at, 27 September 2024 - 16:09 WIB
loading...
5 Perhiasan Termahal...
Kate Middleton mengenakan kalung Nizam of Hyderabad seharga Rp1,2 triliun. Foto/ getty.
A A A
JAKARTA - Perhiasan termahal Kerajaan Inggris membuat banyak orang penasaran, khususnya kaum perempuan yang kerap mengenakan aksesori sebagai penunjang kecantikan.

Selama berabad-abad, wanita kerajaan telah memukau banyak orang dengan perhiasan mereka pada acara-acara khusus.



Perhiasan yang dimiliki ini tidak hanya kaya secara historis, juga bernilai fantastis. Faktanya, beberapa perhiasan termahal di dunia berada di tangan keluarga kerajaan. Hal ini ungkap para ahli perhiasan dari Jewellery Box.

Di antara mereka, keluarga kerajaan Inggris memegang mahkota, tetapi putri atau ratu mana yang memiliki perhiasan paling berharga? Dikutip scmp.com, berikut ulasannya.

Perhiasan Termahal Kerajaan Inggris

5. Suite Swan Lake Garrard - Putri Diana

Mendiang Putri Diana memiliki kalung indah. Dia menamainya Swan Lake dan dikenakan saat tampil di balet di Royal Albert Hall, London pada 1997, tak lama sebelum kematiannya yang tragis dan kalung tersebut menjadi perhiasan paling berharga dalam koleksi perhiasannya.

Kalung tersebut dibuat oleh Garrard, yang saat itu menjabat sebagai Crown Jeweller, di mana terdapat 178 berlian dan lima mutiara. Sepasang anting juga dibuat untuk melengkapi suite tersebut, tetapi Diana tidak berkesempatan untuk mengenakannya. Suite Swan Lake kemudian dijual di rumah lelang Guernsey di New York kepada pasangan Ukraina seharga 632 ribu USD pada 2010. Namun, baru-baru ini, pasangan yang sama memasang harganya menjadi 12,1 juta USD atau sekira Rp181 miliar.
5 Perhiasan Termahal Kerajaan Inggris, Kalung Kate Middleton Tembus Rp1,2 Triliun

4. Delhi Durbar - Kate Middleton

Putri Wales mengembalikan kalung zamrud Delhi Durbar yang ikonik ke pusat perhatian pada Earthshot Prize. Perhiasan tersebut, awalnya memiliki 16 zamrud, merupakan hadiah untuk Ratu Mary pada 1911 dari Maharani Patiala.

Ratu meminta Garrard untuk merombaknya menjadi 14 zamrud dan berlian potongan cemerlang yang dipasang pada platinum. Kemudian, perhiasan tersebut diberikan kepada Putri Diana sebagai hadiah pernikahan dari Ratu Elizabeth dan dia memakainya beberapa kali. Menurut Regal Fille, berlian tersebut diperkirakan bernilai 20 juta USD atau sekira Rp302 miliar.
5 Perhiasan Termahal Kerajaan Inggris, Kalung Kate Middleton Tembus Rp1,2 Triliun

3. Bros Cartier Williamson - Ratu Elizabeth

Mendiang Ratu diberi hadiah berlian merah muda pada 1947 sebagai hadiah pernikahan dari ahli geologi John Thoburn Williamson, seorang pemilik tambang di Tanzania tempat berlian itu ditemukan. Batu seberat 54,5 karat itu dipotong hingga menjadi 23,6 karat dan didesain dalam bentuk bros berbentuk bunga jonquil oleh Cartier dengan tambahan 203 berlian putih bertahtakan platinum.

Selesai dibuat pada tahun penobatan ratu, 1953, perhiasan ini dikenakan olehnya pada acara-acara penting, seperti potret keluarga, pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana pada 1981 serta Pangeran Edward dan Sophie pada 1999, serta pada pertemuan dengan mantan Presiden Obama pada tahun 2009. Harganya 30 juta USD atau sekira Rp453 miliar.
5 Perhiasan Termahal Kerajaan Inggris, Kalung Kate Middleton Tembus Rp1,2 Triliun

2. Bros Granny’s Chips - Ratu Elizabeth

Bros berharga lainnya milik mendiang Ratu adalah “Granny’s Chips”. Julukan tersebut menunjukkan kasih sayang ratu kepada neneknya, Ratu Mary, yang memberinya dua berlian saat dia naik takhta. Dua berlian yang disatukan pada bros tersebut beratnya sekitar 150 karat.

Dua berlian Cullinan yang sangat besar – III dan IV – merupakan bagian dari koleksi yang dipotong dari berlian yang ditemukan di Cullinan, Afrika Selatan dan merupakan hadiah dari pemerintah Afrika Selatan kepada Ratu Mary. Dengan berat 3.106 karat, berlian ini merupakan berlian terbesar yang pernah ditemukan pada awal abad ke-20, menurut konsultan permata Rui Galopim de Carvalho. Harganya 60 juta USD atau sekira Rp907 miliar.
5 Perhiasan Termahal Kerajaan Inggris, Kalung Kate Middleton Tembus Rp1,2 Triliun


1. Kalung Cartier Nizam of Hyderabad - Kate Middleton

Karya kerajaan yang paling berharga dikenal sebagai kalung Nizam of Hyderabad. Kalung ini merupakan hadiah pernikahan untuk ratu (saat itu Putri Elizabeth) dari Nizam of Hyderabad pada 1947.

Kalung ini dibuat Cartier pada 1930, bertahtakan 38 berlian berpotongan cemerlang, 13 berlian berpotongan zamrud, dan tetesan berbentuk buah pir di bagian tengah. Duchess of Cambridge telah mengenakan aksesori mewah ini sejak menjadi anggota kerajaan, khususnya di Portrait Gala pada 2014. Harganya pun fantastis, yakni 80 juta USD atau sekira Rp1,2 triliun.
5 Perhiasan Termahal Kerajaan Inggris, Kalung Kate Middleton Tembus Rp1,2 Triliun
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)